°ี•╬ีρя∂ςξtyø•''•ς∂иδyี╬•

Example

Minggu, 06 November 2011

Ja'anallahu minal aidzin wa qurbanakum faizin

Assalamu'alaikum warahmatullaah wabarakaatuh...

Kasih sayang yang tiada terukir, semenjak ayahanda berharap harap kepada Tuhannya agar di anugerahi seorang keturunan yang mulia, ternyata terkabul dan beliau merasa bersyukur atas itu. Lahirlah seorang putra yang disegani di langit dan dibumi. Beliaulah sang Ismail. Seorang putra yang mempunyai jiwa sosial tinggi, begitu sayangnya mereka terhadap putra ini. Hingga Allah telah menyatakan bahwa ismail adalah penerus ayahandanya sebagai Nabi sang pembawa ajaran ketauhidan Allah.

Salamun mirrabirrahim...
Ucapan ucapan salam penduduk surga yang cantik nian dan merdu.
Hingga datang kekuasaan Allah dan ujiannya yang tiada bisa terelakkan.

Beliau (Ibrahim) Alaihissalam diperintahkan untuk melaksanakan satu perintah yang sangat menguji. Beliau (ibrahim) alaihissalam diperintahkan untuk berkurban. Memotong sang anak yang yg telah lama di harapkan kelahirannya, mengikhlaskan putranya (ismail) yg sangat ia cintai.

Tetapi dengan agama yang beliau (Ibrahim) Alaihissalam yakini bahwa itu adalah perintah yang harus dilaksanakan, maka beliau meminta pendapat kepada anaknya (ismail).

"hai anakku, sesungguhnya Allah memerintahkan aku untuk menyembelihmu. Dan bagaimana pendapatmu??"
Lalu sang anak (ismail) menjawab :

"wahai ayahandaku, jikalau itu adalah perintah Allah, maka laksanakan"
Dengan rela dan ikhlas ananda ismail merelakan dirinya untuk dikorbankan.
Maka beliau (Ibrahim) setelah hendak menyembelih anandanya, Allah memuji ketabahan, keikhlasan hati Nabi Ibrahim Alaihissalam atas ujian yang Dia berikan. Dan Allah mengganti Ismail dengan seekor kambing.

Subhanallah. Itulah teladan dan makna yang sangat dalam mengenai ungkapan syukur nikmat. Begitulah Ied Al Adha, mensyukuri atas berkorbannya seekor yang membuahi sel telur, hingga lahirlah manusia.

Ketika manusia sudah mampu mencari nafkah, maka ungkapan syukurnya akan di lahiriyyahkan dengan berkurban seekor hewan sembelihan.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar