°ี•╬ีρя∂ςξtyø•''•ς∂иδyี╬•

Example

Sabtu, 25 Juni 2011

TUJUH BELUNGGU (PERASANGKA)

Assalamu'alaikum..

Ada kalanya suara hati terbelenggu dan menjadi buta untuk melihat nilai-nilai universal itu. seringkali manusia mengabaikan pengakuan ini, yang pada akhirnya justru mengakibatkan dirinya terjerumus ke dalam kejahatan, kecurangan, kekerasan, kerusakan dan sebagainya.belenggu yang bisa membuat hati manusia menjadi ''buta''.

PRASANGKA NEGATIF
Wa intuthi'aktsaraman fil ardlilluuka 'ansabiilillah. In yattabi'uuna illadldlanna wa inhum illayakhrusuun.
''Jika kau ikuti kebanyakan orang di bumi, mereka akan menyesatkan kau dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti perasangkanya saja, mereka hanya berdusta belaka'' (QS Al An'am 116).

TINDAKAN SESEORANG SANGAT BERGANTUNG PADAA PIKIRANNYA

Lingkungan juga berperan dalam mempengaruhi cara berpikir seseorang. Apabila lingkungannya pahit maka kemungkinan ia pun menjadi pahit, selalu curiga dan sering kali berperasangka negatif kepada orang lain.pikiran negatif ini bisa bertambah ketika system informasi semakin maju. Akhirnya banyak orang terpengaruh dengan selalu berperasangka negatif dan curiga kepada orang lain.

Perasangka negatif mengalir dan berubah menjadi sikap ''desensif'' dan tertutup, karena selalu beranggapan bahwa orang lain musuh berbahaya, dan tidak mau bekerja sama. Akibatnya diri sendiri mengalami kerugian seperti turunnya kinerja, tidak mampu melakukan sinergi dengan orang lain, melewatkan peluang-peluang emas, bahkan tersingkir dari pergaulan sosial.

Sebaliknya orang yang memiliki suara hati merdeka, akan lebih mampu melindungi pikirannya. Ia mampu memilih respon positif di tengah lingkungan paling buruk sekalipun. Berperasangka baik pada orang lain akan mendorong dan menciptakan kkondisi untuk saling percaya, saling mendukung, terbuka, dan kooperatif. Hasilnya adalah ''aliansi cerdas'' yang akan menciptakan performa puncak.
Lahirkan niat yang baik dalam hati, untuk mewujudkan perasangka yang baik. Berperasangka buruklah pada tempatnya. Niat yang baik akan menghasilkan perasangka baik, dan niat yang buruk akan menghasilkan perasangka buruk dari orang lain.

''janganlah kamu seperti orang-orang asing yang mau saling diagungkan''

Wamaa yattabi'u aktsarahum illadlannaa. Innaadldlanna layughni minalhaqqi syai-an. Innallaha 'aliiminbimaa yaf'aluun.
''dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali perasangka saja. Sesungguhnya perasangka itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan'' (QS Yunus 36)

In zero mind process.....:::
PERASANGKA NEGATIF
→ defensif
→ tertutup
→ menahan informasi
→ non koperatif
→ performa turun
PERASANGKA POSITIF
→ saling percaya
→ saling mendukung
→ kooperatif
→ terbuka
→ performa baik

Saya pribadi sering berperasangka negatif, tetapi alhamdulillah mampu menjaga performa, perasangka negatif tidak selamanya salah. Selamat beraktivitas dan buatlah diri ini menjadi lebih berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar